Liputan6.com, Jakarta – Banyaknya hari libur pada April 2023, Honda mencatatkan penjualan hanya sebesar 8.246 unit. Namun, memasuki kuartal kedua tahun ini, pabrikan berlambang huruf H ini optimistis tren penjualan akan kembali meningkat, terutama didukung dengan penyegaran model untuk Honda Brio.

Meskipun dipengaruhi pergantian model pada bulan Mei, Honda Brio masih menyumbangkan kontribusi tertinggi untuk penjualan Honda, dengan total sebesar 3.456 unit atau sebesar 42% dari total penjualan Honda.

Sementara itu, kontribusi penjualan terbesar lainnya datang dari model-model SUV Honda yang secara total berkontribusi sebesar 53% dari total penjualan Honda.

Model SUV Honda dengan penjualan tertinggi pada bulan April lalu adalah All New Honda HR-V yang mencatat penjualan sebanyak 1.939 unit, disusul Honda WR-V dengan penjualan sebanyak 1.161 unit, All New Honda BR-V dengan penjualan 1.047 unit, dan Honda CR-V dengan penjualan sebanyak 267 unit.

Sementara itu, Honda Mobilio terjual sebanyak 164 unit, Honda City Hatchback RS terjual sebanyak 141 unit, All New Honda Civic RS sebanyak 30 unit, Honda Accord 22 unit, All New Honda City 18 unit, dan All New Honda Civic Type R terjual 1 unit.

Yusak Billy, Sales Marketing & Business Innovation and Customer After Sales Operation Director PT HPM mengatakan bahwa pada bulan April lalu, penjualan Honda Brio terdiri dari model lama yang saat ini sudah stoknya sudah tinggal sedikit karena pengiriman untuk model baru sudah dimulai.

“Sampai saat ini, permintaan konsumen untuk produk-produk Honda masih tetap tinggi, sehingga kami optimis bahwa didukung penyegaran model Honda Brio dan model-model SUV, trend penjualan Honda di tahun ini akan terus positif,” ujar Billy, dalam keterangan resmi, Selasa (16/5/2023).

Nasib Mobilio Masih Belum Jelas, Honda Pilih Fokus BR-V
Mobilio menjadi mobil Honda Indonesia yang luput dari segala penyegaran atau tidak mendapatkan pembaruan dalam waktu cukup lama. Bahkan, penjualan mobil keluarga bawah dari pabrikan berlambang ‘H’ ini hanya 324 unit pada Maret 2023.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, penjualan Honda Mobilio memang banyak dari pembeli fleet atau borongan.

“Pertama kita ngalahin Mobilio untuk Brio, karena komponen sama. Sekarang, sudah cenderung stabil, tapi fleet sales banyak memerlukan S manual (Mobilio),” jelas pria yang akrab disapa Billy, saat ditemui di Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Lanjut Billy, saat ini memang untuk segmen tujuh penumpang, konsumen lebih memilih Honda BR-V. Dengan kata lain, untuk pasar tersebut, pabrikan asal Jepang ini, pilih fokus dengan LSUV.

“Waktu kita studi konsumennya tujuh penumpang, kami melihat dari karakteristik jalanan kita, infrastruktur jalan kita, kemauan konsumen kita seperti apa. Demand-nya, ground clearance tinggi, jalan bergelombang, masuk gang-gang kecil. Kita develop BR-V jadi untuk 7 seater, kami fokus pada BR-V,” tegas Billy.

Sementara itu, ketika ditanya terkait pengembangan selanjutnya dari Honda Mobilio, pria ramah ini tidak memberikan informasi secara detail.